top of page
Search

Manfaat Menonton Film untuk Si Kecil

Gypfun.id – Sudah lebih dari satu setengah tahun kita berada di suasana pandemi Covid-19. Wabah ini membuat semua orang harus melakukan menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak atau social distancing. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Nah, selama pandemi ini, sekolah-sekolah pun meniadakan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Alhasil, tugas Bunda semakin bertambah karena harus mendampingi Si Kecil belajar di rumah.

Kegiatan belajar di rumah sering kali membuat anak-anak jenuh ya, Bunda. Dengan kondisi seperti itu, Bunda sesekali harus mengajak Si Kecil rekreasi. Rekreasi mewarnai dengan produk-produk Gypfun yang sangat beragam tentu saja sangat mengasyikkan. Selain itu, Bunda juga harus mengajak Si Kecil ‘rekreasi’ di rumah dengan cara yang lain, yaitu menonton film yang sesuai dengan Si Kecil.

Menonton film cenderung dianggap sebagai hiburan sederhana. Padahal, asalkan tontonannya sesuai dengan Si Kecil, kegiatan ini banyak manfaatnya, loh, Bunda. Film seperti apa sih yang cocok untuk Si Kecil? Ini penting untuk diketahui agar Bunda tak salah memilihkan film untuk Si Kecil. Di Indonesia, Lembaga Sensor Film (LSF) sudah menentukan rating film berdasarkan umur. Sebab, setiap film diproduksi untuk dipasarkan sesuai target pasarnya masing-masing, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun supaya tidak salah pilih film untuk anak, Bunda harus lebih dulu tahu dan memahami perbedaan antara setiap kategori film berdasarkan umur.

Setiap film biasanya sudah digolongkan dengan label tertentu. Misalnya, simbol SU biasanya untuk semua Umur. Biasanya kategori ini konten film cenderung ramah anak. Kemudian, “13+”. Kode ini menandakan bahwa film tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 13 tahun. Sementara film kategori “G” (General Audiences) kontennya setara dengan “SU”.

Ada pula film kategori “PG” (Parental Guidance) yang mengandung konten atau unsur yang mungkin tidak cocok ditonton anak kecil sehingga butuh pengawasan orang dewasa. Sedangkan “PG-13 (Parental Guidance under 13) mengandung konten atau unsur yang umumnya tidak cocok ditonton sendirian oleh anak-anak sehingga butuh pengawasan orangtua. Jadi, jangan salah pilih film ya, Bunda.

Jangan ragu mengajak Si Kecil menonton film ya, Bunda. Sebab, melalui film, Si Kecil bisa belajar banyak hal. Mulai dari budaya, nilai-nilai, musik hingga mampu menginspirasi mereka untuk melakukan sesuatu. Film juga membantu mengasah kemampuan sosial Si Kecil. Tanpa di sadari, mereka dapat mengambil nilai moral dari film tersebut. Film biasanya mengandung pesan bermakna yang dapat ia gunakan di kehidupan sosialnya.

Film juga bisa menjadi bahan untuk Bunda mengajak Si Kecil untuk terbiasa berdiskusi dan menyampaikan pendapat. Melalu film, manfaatkanlah kesempatan itu untuk dapat membahas isu yang relevan secara lebih mendalam kepada Si Kecil. Mulai saja dengan perbincangan kecil dan semakin intens mendalam. Karakter para tokoh di dalam film adalah media untuk menjelaskan contoh baik atau buruk bagi Si Kecil. Dengan cara seperti itu, pesan yang disampaikan kepada Si Kecil akan cepat sampai.

Bagi Si Kecil, menonton film juga terbukti mampu mengurangi potensi konflik dengan saudaranya, misalnya bertengkar dengan adik atau kakaknya. Menonton film bersama dapat dijadikan sarana agar mereka saling berbagi dan saling menghargai. Selain itu, menonton film juga mampu meningkatkan kemampuan akademik Si Kecil. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Marriage and Family menyebutkan bahwa waktu bersama yang dihabiskan Bunda bersama Si Kecil dapat meningkatkan kemampuan akademik Si Kecil. Nah, melalui menonton film, kebersamaan Bunda dengan Si Kecil jadi lebih bermakna.

Terakhir tetapi tak kalah penting, film juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil. Sebab, merak merasa aman dan nyaman, merasa dicintai dan diperhatikan saat dikelilingi oleh anggota keluarga. Si Kecil jadi lebih berani untuk lebih mengeksplorasi imajinasi dan kreativitasnya tanpa takut gagal. Sebab, ada orang-orang yang mendukung mereka di sisinya. Nah, pada tulisan selanjutnya, Gypfun.id akan merekomendasikan film-film bagus yang cocok untuk Si Kecil.


1 view0 comments

Comments


Big Title

bottom of page