top of page
Search

Merangsang Perkembangan Anak Melalui Warna, WA 0813-8180-0030

Updated: Oct 1, 2021

Hai, Ayah-Bunda, usia dini adalah masa-masa penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena itu, memberikan pendidikan sejak dini menjadi hal sangat penting untuk perkembangan kemampuan anak. Tahukah Ayah-Bunda, bahwa memberikan pendidikan anak sejak dini sangat baik karena pendidikan usia dini merupakan dasar untuk tahap tumbuh kembang anak selanjutnya.



Gypfun Indonesia, Produsen Mainan Anak Terbaru

Untuk memancing kemampuan dasar si kecil, seperti kognitif, bahasa, motorik maupun perkembangan lainnya, Ayah-Bunda bisa mengajak si kecil lebih dekat dengan warna. Warna memiliki peranan penting untuk merangsang perkembangan anak, karena warna memiliki efek pada perkembangan psikologi anak. Anak-anak sudah bisa belajar membedakan warna sejak enam bulan awal, loh...



Selain itu, warna dapat membantu merangsang perhatian anak-anak. Dengan warna, anak-anak belajar untuk mengekspresikan diri ketika mereka diperbolehkan untuk memilih warna. Misalnya, untuk mendekorasi kamar, saat belajar melukis, memilih warna pakaian, dsb. Nah, dengan kebebasan memilih itu mereka menjadi lebih percaya diri dan membuka lebih banyak kreativitas dan ekspresi Si Kecil.


Para psikolog dan psikoterapis biasanya menggunakan metode “color your life” atau “warnai hidupmu” untuk membantu anak-anak membedakan dan mengekspresikan berbagai emosi di atas kertas. Teknik ini membantu untuk mengetahui apakah anak senang, sedih, gembira, takut atau bahkan marah.


Sebuah lembaga pengembangan anak di California State University Fullerton juga pernah melakukan studi tentang warna dan asosiasi terhadap emosional anak-anak. Pada studi itu ditemukan, anak-anak usia antara lima hingga enam tahun diminta untuk memilih warna favorit dari sembilan warna yang diberikan secara acak sesuai dengan perasaan mereka saat itu. Hasilnya, 69 persen dari anak-anak memilih warna-warna cerah yang mengungkapkan kebahagiaan dan kegembiraan seperti merah jambu (pink), biru dan merah. Sementara yang lain memilih hitam, abu-abu dan coklat yang menunjukkan emosi negatif seperti kesedihan.


Kegiatan mewarnai dapat membantu Si Kecil fokus dan membantu pikiran relaks serta melepaskan pikiran negatif melalui warna dan bentuk. Nah, Ayah-Bunda, semua produk-produk mainan dan suvenir Gypfun didesain untuk merangsang perkembangan anak tersebut.


Beberapa manfaat yang bisa dirasakan antara lain:

Mewarnai akan melatih kekuatan tangan dan juga ketangkasan Si Kecil. Mewarnai juga dapat membantu Si Kecil berlatih kesabaran, menjadi rileks dan nyaman saat menciptakan karya seni. Mereka dapat mewarnai bentuk dan gambar yang mereka sukai. Cara ini juga akan memberi rasa kepuasan ketika mereka selesai mewarnai.


Dengan mewarnai, anak juga bisa belajar lebih fokus. Kefokusan adalah adalah salah satu pelajaran penting. Anak-anak yang menghabiskan waktu dengan mewarnai atau melukis, akan memiliki konsentrasi dan keterampilan fokus yang lebih baik.


Yang lebih penting lagi, mewarnai akan meningkatkan keterampilan motorik Si Kecil. Gerakan yang terlibat dalam mewarnai seperti memegang alat, kuas atau alat lainnya dapat membantu dalam pengembangan otot-otot kecil di pergelangan tangan, jari, dan tangan Si Kecil.


Terakhir, kegiatan mewarnai akan membuat Si Kecil bisa mengekspresikan sisi kreatif mereka. Biarkan SI Kecil membentuk dunia imajiner dalam pikiran mereka dan menuangkannya pada media produk mainan Gypfun.*) Disusun dari berbagai sumber.


Big Title

bottom of page